PENGARUH PERUBAHAN SITUASI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN
Kondisi sesaat yang muncul pada tempat dan waktu tertentu merupakan faktor situasional. Yang mana kemunculannya terpisah dari diri produk maupun konsumen. Mendefenisikan situasi situasi sebagai semua faktor yang utama terhadap tempat dan situasi yang tidak menurut pengetahuan seseorang (inta individu) dan stimulasi (alternatif pilihan) dan memiliki bukti dan pengaruh sistimatis pada perilaku saat ini.
Pengaruh situasional adalah kekuatan sesaat yang tidak berasal dari produk atau merk yang dipasarkan. Pengaruh situasional adalah kondisi sesaat yang muncul tiba-tiba yang mana kemunculannya tidak dari dalam diri tersebut maupun merk suatu barang. Pengaruh situasi sangatlahh berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu barang atau jasa.
Berikut ini karakteristik situasi konsumen, yaitu :
1. Lingkungan fisik
2. Lingkungan Sosial
3. Waktu
4. Tujuan
5. Suasana hati
JENIS-JENIS SITUASI KONSUMEN
Suatu jenis situasi konsumen yang sangat penting yaitu situasi konsumen pemakaian. Situasi sebenarnya dapat dipisahkan ke dalam tiga (3) jenis utama :
- Situasi komunikasi
- Situasi pembelian
- Situasi pemakaian
Situasi Komunikasi
Dapat didefenisikan sebagai latar dimana konsumen dihadapkan kepada komunikasi pribadi atau nonpribadi. Komunikasi pribadi akan mencakupi percakapan yang mungkin diadakan oleh konsumen dengan orang lain, seperti wiraniaga atau sesama konsumen.
Komunikasi nonpribadi akan melibatkan spektrum luas stimulus, seperti iklan dan program serta publikasi yang berorientasi konsumen (Misalnya, Laporan Keuangan).
Situasi Pembelian
Situasi pembelian mengacu pada latar dimana konsumen memperoleh produk dan jasa. Pengaruh situasi sangat lazim selama pembelian.
Lingkungan Informasi
Lingkungan informasi mengacu pada keseluruhan jajaran data yang berkaitan dengan produk yang tersedia bagi konsumen. Sifat lingkungan informasi akan menjadi determinan penting dari perilaku pasar ketika konsumen terlibat di dalam semacam bentuk pengambilan keputusan non kebiasaan. Sebagian dari karakteristik lingkungan yang utama mencakupi :
- Ketersediaan informasi
- Beban informasi
- Format informasi
- Bentuk informasi
Situasi Pemakaian
Situasi pemakaian (Usage Situation) yang mengacu pada latar dimana konsumsi terjadi. Dalam banyak kejadian, situasi pembelian dan pemakaian sebenarnya sama (misalnya, Konsumen yang mengkonsumis hidangan seperti fast-food). Tetapi, konsumen produk kerap di dalam latar yang sangat jauh, baik secara fisik maupun temporal dari latar dimana produk diperoleh.
Pengaruh Situasi Tidak Terduga
Pemasar kadang bertanya kepada konsumen target mengenai maksud pembelian mereka untuk meramalkan permintaan produk pada masa datang. Walaupun maksud pembelian dapat dalam kondisi tepat bersifat prediktif mereka adalah gangguan yang disebabkan oleh pengaruh situasi yang tak terduga.
Dari prespektif pemasaran, pokok oentung disini secara sederhana adalah bahwa orang harus mengenali potensi pengaruh situasi yang tak terduga dapat merusak keakuratan ramalan yang didasarkan pada maksud pembelian. Walaupun kerap diharapkan bahwa efek seperti ini akan cenderung diseimbangkan (yaitu jumlah pelanggan yang hilang karena pengaruh situasi yang tak terduga akan seimbang oleh jumlah ang didapat karena alasan yang sama), kenyataannya mungkin tidak demikian.
sumber :
http://samuelsugara.blogspot.co.id/2012/05/perilaku-konsumen-pengaruh-situasi.html
http://syahronimy.blogspot.co.id/2015_01_01_archive.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar